Jumat, 12 September 2014

RESUME MATAKULIAH MANAJEMEN DIKLAT

Manajemen Diklat: Konsep dan Kerangka Kompetensi Abad 21 

Pertemuan pertama pada hari senin 8 september 2014 yaitu kami belajar tentang manajemen pelatihan atau diklat. Dosen kami pak Amril menjelaskan dan bertanya tentang apa pentingnya kita belajar manajemen diklat ?  Pak Amril juga membuka wawasan hari ini mengenai Kerangka Kompetensi Abad 21,

berikut resume matakuliah manajemen diklat :

PELATIHAN ialah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menutup kesenjangan antara kemampuan dengan tuntutan. Pelatihan perlu dikelola, maka dari itu perkuliahan manajemen pelatihan menjadi penting untuk dipelajari. 

Menurut Holland, seseorang dikatakan berhasil ketika terjadi koherensi pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dikuasai. 
Dalam Manajemen Diklat, para peserta dilatih untuk dapat memiliki kemampuan yang dibutuhkan di abad ini, 

Kehidupan dan karier :

·         Kemampuan fleksible dan beradabtasi

·         Berinisiatif dan mandiri

·         Keterampilan sosial dan budaya

·         Produktif dan akuntabel (dipertanggung jawabkan)

·         Kepemimpinan dan tanggung jawab


Pmbelajaran dan inovasi

·         Kreativitas dan inovasi

·         Berfikir kritis menyelesaikan masalah

·         Komunikasi dan kolaborasi


Informasi, media dan teknologi

·         Melek informasi : jangan ketinggalan informasi

·         Melek media

·         Melek TIK : jangan gaptek ( gagap teknologi)


Kerangka ini menunjukan bahwa berpengalaman saja tidak cukup, harus dilengkapi: berkemampuan kreatif, kritis, berkarakter kuat,( bertanggung jawab, sosial, toleran, produktif, adaptif).Disamping itu didukung juga dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan berkomunikasi


Tuntutan terhadap “Kompetensi”  “SDM”

Pengetahuan/wawasan global

·         Konseptual yang integratif aplikastif

·         Orientasi pada solusi inovasi dan kreativitas

·         Nilaia nilai universal (lintas budaya)

Keterampilan Global

·         Komunikasi multi budaya

·         Pemanfaatan tek.informasi

·         Pengembangan intelektual+emosional+adversity skill

Sikap/Perilaku

·         Dinamis & Fleksible

·         Inisiatif & Proaktif

·         Inovatif & Kreatif

·         Mandiri/Survive


4 Pilar Pendidikan Unesco

  • Learning to know 

  •  learning to do 

  • learning to live together

  •  learning to be

Pengelolaan  Pendidikan

Input -> proses -> output

  • Inputnya (peserta didik, dan memiliki instrument berupa SKL, Isi , Pendidik, Sarpras , Pembiayaan)

  • Proses (metode dan strategi dalam proses pembelajaran)

  • Output ( Peningkatan: Pengetahuan, Kemampuan, Keterampilan , Kecakapan dan Kesiapan.)

Proses pembelajaran

Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar