Pertemuan ke 3 pada tanggal 24 februari 2014 ,
Matakuliah Manajemen pemasaran jasa, Seperti biasa kami kuliah di ruang
Ds.307. Dosen kami Pak Amril menjelaskan tentang materi kuliah kami , berikut
adalah rangkuman materi tersebut :
MARKETING ENVIRONMENT
“The actor and the forces outside marketing
that affect marketing management’s ability to develop and maintain successful
transactions with its target costumer”
Definisi
Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan:
Pelaku-pelaku
(aktor) dan kekuatan-kekuatan yang berada diluar fungsi manajemen pemasaran
perusahaan yg akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk
mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan
sasarannya.
Adapun
lingkungan pemasaran meliputi :
Microenvironment
and Macroenvironment
Microenvironment
Microenvironment
is the forces close to the company that affect its ability to serve its target
costumer.
Maksudnya adalah kekuatan
perusahaan yang mempengaruhi pemberian pelayanan pada customer
The
company
Top management
: sebuah perusahaan haruslah memiliki visi dan misi yang besar karena itu
sangat berpengaruh bagi perusahaan tersebut
Finance
/ keuangan : mempertimbangkan kewajiban kewajiban lain yang harus dipenuhi
Riset
& Development : Perusahaan harus mampu berinovasi
Purchasing
(Pembelian): Pembelian barang harus tepat waktu
Manufacturing
(Proses Pembuatan)
Accounting
(Pencatatan)
Suppliers
:mereka yang menyediakan sumber daya yang kita butuhkan untuk kita produksi dan
jual . poin yang harus diperhatikan:
- watch supply availability
- monitor the price trend of their key inputs
Marketing
Intermedianes : firms that help the company to promote , sell , and distribute
its good to finel buyer . Adalah perusahaan yang membantu lembaga dalam
mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang kepada pembeli akhir. Para
perantara ini meliputi : they includes resellers, physical distributions firm ,
marketing servies, agencies, and financial intermedianes.
-
Middleman, perusahaan yg membantu mendapatkan pelanggan
- Perusahaan Fisik, membantu perusahaan dlm menyediakan & memindahkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan.
- Agensi pelayanan marketing, meliputi perusahaan riset, biro iklan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran, mencarikan sasaran dan menpromosikan produk ke pasar sasaran secara tepat.
- Lembaga Keuangan, meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dll dalam membantu transaksi keuangan dan atau menanggung resiko sehubungan dengan pembelian dan penjualan barang.
- Perusahaan Fisik, membantu perusahaan dlm menyediakan & memindahkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan.
- Agensi pelayanan marketing, meliputi perusahaan riset, biro iklan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran, mencarikan sasaran dan menpromosikan produk ke pasar sasaran secara tepat.
- Lembaga Keuangan, meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dll dalam membantu transaksi keuangan dan atau menanggung resiko sehubungan dengan pembelian dan penjualan barang.
Custumer
Adalah sejumlah individu, kelompok, organisasi
yang menkonsumsi suatu produk.
Perusahaan dapat beroperasi pada lima jenis pasar;
- Pelanggan di pasar (custumer market)
- Pasar industri (bussines market
- Pasar reseller (reseller)
- Pasar pemerintah (government)
- Pasar internasional(international)
Perusahaan dapat beroperasi pada lima jenis pasar;
- Pelanggan di pasar (custumer market)
- Pasar industri (bussines market
- Pasar reseller (reseller)
- Pasar pemerintah (government)
- Pasar internasional(international)
Pesaing
Adalah individu, kelompok, organisasi yang sama-sama melakukan pemasaran kepada konsumen.
Adalah individu, kelompok, organisasi yang sama-sama melakukan pemasaran kepada konsumen.
Public Adalah suatu kelompok yg memiliki minat
nyata atau potensial yg berpengaruh terhadap kemampuan organisasi untuk
mencapai sasarannya.Tujuh jenis publik yg mengelilingi perusahaan antara lain :
- Perusahaan finansial
- Media
- Pemerintah
- Aksi masyarakat
- Masyarakat sekitar
- Masyarakat umum
- Masyarakat yang bersifat internal
- Perusahaan finansial
- Media
- Pemerintah
- Aksi masyarakat
- Masyarakat sekitar
- Masyarakat umum
- Masyarakat yang bersifat internal
MACROENVERONMENT
The large societal forces that affect the whole
micro. Adalah kekuatan masyarakat yg lebih luas yg mempengaruhi seluruh
lingkungan mikro pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung
terhadap pemasaran.
Lingkungan makro terdiri dari :
Adalah bidang studi tentang populasi manusia menurut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin,Ras, pekerjaan, dan statistik lainnya.
b. Lingkungan Ekonomi (economic environment)
Terdiri dari:
- Daya beli (buying power)
- Pola pengeluaran(spending potten)
- Ketahanan barang (shortages of raw materials)
- Kenaikan biaya energi(increased cost of energy)
- Kenaikan polusi(increased pollution)
- Intervensi pemerintah tentang sumber daya(gonverment intervebtion in nature resources management)
Terdiri dari:
- Teknologi baru (new technologies)
- Memperbaharui poduk baru(creating new product)
- Peluang pasar( market opportunities)
- Percepatan perubahan teknologi(fast pace of technological change)
- Anggaran riset(high R and D budget)
- Konsentrasi pada perbaikan kecil(concentration on minor improvement)
- Peningkatan regulasi (increased regulation)
Terdiri dari:
- Hukum
- Kantor Pemerintah
- Kelompok yang mempunyai daya menekan
- Legislatif regulasi bisnis
- Perubahan pemerintah
- Ketekunan nilai budaya
- Kesiapan seseorang untuk mempunyai budaya lebih
- Bagaimana orang memandang diri sendiri
- Bagaimana orang memandang yang lain
- Bagaimana orang memandang organisasi
- Bagaimana orang memandang komunitas
- Bagaimana orang memandang alam
- Bagaimana orang memandang dunia
Ajeng Rahmawati Arifin
1445120034
MP FIP UNJ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar