Sabtu, 08 Maret 2014

Analisis Lingkungan Pemasaran


           Pertemuan ke 3 pada tanggal 24 februari 2014 , Matakuliah Manajemen pemasaran jasa,  Seperti biasa kami kuliah di ruang Ds.307. Dosen kami Pak Amril menjelaskan tentang materi kuliah kami , berikut adalah rangkuman materi tersebut :

MARKETING ENVIRONMENT

“The actor and the forces outside marketing that affect marketing management’s ability to develop and maintain successful transactions with its target costumer”
Definisi Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan: 
   Pelaku-pelaku  (aktor) dan kekuatan-kekuatan yang berada diluar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yg akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan  sasarannya.
Adapun lingkungan pemasaran meliputi :
Microenvironment and Macroenvironment

Microenvironment

Microenvironment is the forces close to the company that affect its ability to serve its target costumer. Maksudnya adalah kekuatan perusahaan yang mempengaruhi pemberian pelayanan pada customer
    The company
*      Top management : sebuah perusahaan haruslah memiliki visi dan misi yang besar karena itu sangat berpengaruh bagi perusahaan tersebut
*      Finance / keuangan : mempertimbangkan kewajiban kewajiban lain yang harus dipenuhi
*      Riset & Development : Perusahaan harus mampu berinovasi
*      Purchasing (Pembelian): Pembelian barang harus tepat waktu
*      Manufacturing (Proses Pembuatan)
*      Accounting (Pencatatan)

Suppliers :mereka yang menyediakan sumber daya yang kita butuhkan untuk kita produksi dan jual . poin yang harus diperhatikan:
  1. watch supply availability
  2. monitor the price trend of their key inputs
                  Marketing Intermedianes : firms that help the company to promote , sell , and distribute its good to finel buyer . Adalah perusahaan yang membantu lembaga dalam mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang kepada pembeli akhir. Para perantara ini meliputi : they includes resellers, physical distributions firm , marketing servies, agencies, and financial intermedianes.
-         Middleman, perusahaan yg membantu mendapatkan pelanggan
-         Perusahaan Fisik, membantu perusahaan dlm menyediakan & memindahkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan.
-         Agensi pelayanan marketing, meliputi perusahaan riset, biro iklan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran, mencarikan sasaran dan menpromosikan produk ke pasar sasaran secara tepat.
-         Lembaga Keuangan, meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dll dalam membantu transaksi keuangan dan atau menanggung resiko sehubungan dengan pembelian dan penjualan barang.
       Custumer
Adalah sejumlah individu, kelompok, organisasi yang menkonsumsi suatu produk.
Perusahaan dapat beroperasi pada lima jenis pasar;
-         Pelanggan di pasar (custumer market)
-         Pasar industri (bussines market
-         Pasar reseller (reseller)
-         Pasar pemerintah (government)
-         Pasar internasional(international)
   
      Pesaing
Adalah individu, kelompok, organisasi yang sama-sama  melakukan pemasaran kepada konsumen.
      Public Adalah suatu kelompok yg memiliki minat nyata atau potensial yg berpengaruh terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasarannya.Tujuh jenis publik yg mengelilingi perusahaan antara lain :
-         Perusahaan finansial
-         Media
-         Pemerintah
-         Aksi masyarakat
-         Masyarakat sekitar
-         Masyarakat umum
-         Masyarakat yang bersifat internal

MACROENVERONMENT

           The large societal forces that affect the whole micro. Adalah kekuatan masyarakat yg lebih luas yg mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.
Lingkungan makro terdiri dari :

a.         Lingkungan Demografi (demegerafic environment)
Adalah bidang studi tentang populasi manusia menurut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin,Ras, pekerjaan, dan statistik lainnya.
b. Lingkungan Ekonomi (economic environment)
Terdiri dari:
  1. Daya beli (buying power)
  2. Pola pengeluaran(spending potten)
c. Lingkungan Alami (Natural enveronment)
  1. Ketahanan barang (shortages of raw materials)
  2. Kenaikan biaya energi(increased cost of energy)
  3. Kenaikan polusi(increased pollution)
  4. Intervensi pemerintah tentang sumber daya(gonverment intervebtion in nature resources management)
d. Lingkungan Teknologi (Technology)
Terdiri dari:
  1.  Teknologi baru (new technologies)
  2. Memperbaharui poduk baru(creating new product)
  3. Peluang pasar( market opportunities)
  4. Percepatan perubahan teknologi(fast pace of technological change)
  5. Anggaran riset(high R and D budget)
  6. Konsentrasi pada perbaikan kecil(concentration on minor improvement)
  7. Peningkatan regulasi (increased regulation)
e. Lingkungan Politik(political)
Terdiri dari:
  1. Hukum
  2. Kantor Pemerintah
  3. Kelompok yang mempunyai daya menekan
  4. Legislatif regulasi bisnis
  5. Perubahan pemerintah
f. Lingkungan  Budaya (cultural)
  1. Ketekunan nilai budaya
  2. Kesiapan seseorang untuk mempunyai budaya lebih
  • Bagaimana orang memandang diri sendiri
  • Bagaimana orang memandang yang lain
  • Bagaimana orang memandang organisasi
  • Bagaimana orang memandang komunitas
  • Bagaimana orang memandang alam
  • Bagaimana orang memandang dunia




Ajeng Rahmawati Arifin 
1445120034
MP FIP UNJ





Tidak ada komentar:

Posting Komentar