Marketing mix is
the tools available to a bussiness to gain the reaction it is selling
from target market in relation to its marketing objective
Marketing Mix adalah alat yang digunakan dalam sebuah bisnis untuk melihat keterkaitan penjualan dengan target marketnya.
Terdapat 7 komponen dalam marketing mix yang lebih sering dikenal dengan 7 P, yaitu :
Marketing Mix adalah alat yang digunakan dalam sebuah bisnis untuk melihat keterkaitan penjualan dengan target marketnya.
Terdapat 7 komponen dalam marketing mix yang lebih sering dikenal dengan 7 P, yaitu :
- Product / Produk
- Price / Harga
- Place / Tempat
- People / Orang
- Promotion / Promosi
- Process
- Physical Environment.
dahulu terdapat 4 komponen tapi seiring berkembangnya zaman menjadi 7 komponen.
Produk adalah item yang
dibeli oleh costumer termasuk kemasan, citra yang terbangun, dan garansi.
Produk terdiri dari desain, teknologi, kemanfaatannya, kelengkapan, nilai,
kualitas, kemasan, merk, pendukung, dan garansi. Metode yang dipakai pada
produk yaitu :
- Spesialisasi versi
- Edisi baru
- Strategi extensi : produk yang awet
- Peningkatan
- Kemasan yang berbeda
- Teknologi
Harga
adalah sejumlah nilai tertentu untuk membayarkan produk atau service. Dalam
harga ini terdapat beberapa teknik yaitu :
- Time Based : berapa lama pekerjaan akan diambil. Contoh : bengkel.
- Cost plus : pengeluaran lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan. Contoh : salon.
- Start-up : melihat situasi yang ada disekitarnya.
- Off the top : harga yang melihat musiman.
- Destroyer : Mengeluarkan barang bagus dengan harga yang sangat murah.
- Market Orientated : target atau sasaran pasar.
Tempat ialah rute dari
produksi lalu manufaktur sampai barang sampai pada costumer. Tempat terdiri
dari retail, wholesale, mail order, internet, direct sales, peer to peer.
Metodenya yaitu :
- toko,
- cash and carry,
- market stall,
- tv-shopping,
- internet,
- majalah / koran,
- mail order,
- direct mail,
- factory shop.
Channel of distribution, yaitu :
- Manufaktur > whole saler > retailer > costumer.
- Manufaktur > retailer > costumer.
- Manufaktur > costumer.
Promosi ialah perhatian dari costumer untuk barang atau jasa dan adanya kemauan untuk membeli. Promosi terdiri dari iklan, special offers, recomment, poster, hadiah.
Tujuan dari promosi yaitu :
- Pemesanan dari costumer
- Informasi untuk costumer
- Mengingat costumer.
Media
untuk promosi yaitu :
- Televisi,
- koran,
- majalah,
- radio,
- cinema,
- outdoor media,
- internet,
- direct mail.
Sales promotions
ada 2 group dari sales :
- Into the pipeline
- Out of the pipeline
Tidak ada komentar:
Posting Komentar