Kamis, 13 Maret 2014

Marketing Mix

Pada pertemuan kelima ini 10 Maret 2014, seperti biasa Dosen kami pak amril menjelaskan tentang materi perkuliahaan kami dan sekarang materi kita membahas tentang marketing mix, berikut rangkuman penjelasannya:


Marketing mix is the tools available to a bussiness to gain the reaction it is selling from target market in relation to its marketing objective
Marketing Mix adalah alat yang digunakan dalam sebuah bisnis untuk melihat keterkaitan penjualan dengan target marketnya.

Terdapat 7 komponen dalam marketing mix yang lebih sering dikenal dengan 7 P, yaitu :
  1. Product / Produk
  2. Price / Harga
  3. Place / Tempat
  4. People / Orang
  5. Promotion / Promosi
  6. Process
  7. Physical Environment.
dahulu terdapat 4 komponen tapi seiring berkembangnya zaman menjadi 7 komponen. 

Produk adalah item yang dibeli oleh costumer termasuk kemasan, citra yang terbangun, dan garansi. Produk terdiri dari desain, teknologi, kemanfaatannya, kelengkapan, nilai, kualitas, kemasan, merk, pendukung, dan garansi. Metode yang dipakai pada produk yaitu :
  • Spesialisasi versi
  • Edisi baru
  • Strategi extensi : produk yang awet
  • Peningkatan
  • Kemasan yang berbeda
  • Teknologi
Harga adalah sejumlah nilai tertentu untuk membayarkan produk atau service. Dalam harga ini terdapat beberapa teknik yaitu :
  • Time Based : berapa lama pekerjaan akan diambil. Contoh : bengkel.
  • Cost plus : pengeluaran lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan. Contoh : salon.
  • Start-up : melihat situasi yang ada disekitarnya.
  • Off the top : harga yang melihat musiman.
  • Destroyer : Mengeluarkan barang bagus dengan harga yang sangat murah.
  • Market Orientated : target atau sasaran pasar.
Tempat ialah rute dari produksi lalu manufaktur sampai barang sampai pada costumer. Tempat terdiri dari retail, wholesale, mail order, internet, direct sales, peer to peer. Metodenya yaitu :
  • toko,
  • cash and carry,
  • market stall,
  • tv-shopping,
  • internet,
  • majalah / koran,
  • mail order,
  • direct mail,
  • factory shop.
Channel of distribution, yaitu :
  1. Manufaktur > whole saler > retailer > costumer.
  2. Manufaktur > retailer > costumer.
  3. Manufaktur > costumer.

Promosi ialah perhatian dari costumer untuk barang atau jasa dan adanya kemauan untuk membeli. Promosi terdiri dari iklan, special offers, recomment, poster, hadiah.
Tujuan dari promosi yaitu : 
  • Pemesanan dari costumer
  • Informasi untuk costumer
  • Mengingat costumer.
Media untuk promosi yaitu :
  1. Televisi,
  2. koran,
  3. majalah,
  4. radio,
  5. cinema,
  6. outdoor media,
  7. internet,
  8. direct mail.
Sales promotions
ada 2 group dari sales :
  1. Into the pipeline
  2. Out of the pipeline  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar