Sabtu, 08 Maret 2014

STRATEGI PEMASARAN

                    Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan selanjutnya pada pertemuan ke 4 yatu pada hari Senin, 3 Maret 2014, dikarenakan listrik di gd.baru mati jadi kita kuliah di Student Corner yang biasa kami sebut (SC) Depan ruang jurusan Manajemen Pendidikan bersama Dosen kami yang bernama Dr. Amril Muhammad, S.E M.Pd dan 2 kaka dari tahun 2010 yang sedang melaksanakan bimbingan skripsi. materi yang di sampaikan adalah tentang “segmentasi dan targeting pasar jasa pendidikan” karena kaka tersebut mengambil tema tentang materi kita hari ini, maka kelas kami menerima penjelasan dari ke dua kaka tersebut.berikut rangkuman materi kami:
Strategi Pemasaran
A.      Segmentasi (Upaya pengelompokkan pasar)
B.       Targetting (ketentuan)
 
           Segmentasi adalah suatu proses membagi pasar yang heterogen kedalam segmen-segmen homogen yang spesifik teridentifikasi yang menjadi target pemasaran. Segmentasi sangat penting dilakukan agar perusahaan lebih mudah dalam melakukan targetting. Target yang baik dan efektif dapat menambah profitabilitas bagi perusahaan maupun masyarakat yang menikmati hasil produksi. Segmentasi pasar adalah upaya untuk mengidentifikasi kelompok konsumen dengan cara mengelompokkan konsumen kedalam kelompok-kelompok yang kebutuhan dan keinginannya serupa/ membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.

Tujuan segmentasi pasar yaitu untuk meningkatkan pangsa pasar, dapat meningkatkan komunikasi efektif, merancang produk/ strategi yang sesuai.

Syarat-syarat untuk mengadakan segmentasi pasar:

1.      Dapat diukur/ measurability
Sejauh mana besarnya pasar dan daya beli segmen ini dapat diukur. Variabel segmentasi tertentu adalah sukar diukur.
2.      Dapat terjangkau/ accessibility
Sampai sejauh  mana segmen ini dapat secara efektif dicapai dan dilayani.
3.      Besarnya/ substantiality
Sejauh mana segmen ini cukup menguntungkan. Sebuah segmen haruslah kelompok homogen sebesar mungkin yang sejalan dengan program pemasaran.
4.      Dapat dilaksanakan/ actionability

  variabel dalam segmentasi pasar yaitu:
         1.      Segmentasi Geografi
Segmentasi ini membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, berdasarkan negara, propinsi, kabupaten, kota, wilayah, daerah atau kawasan.
2.      Segmentasi Demografi
Segmentasi ini memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan. Contohnya : usia, jenis kelamin, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan, tingkat penghasilan, pendidikan, jenis pekerjaan, pengalaman, agama dan suku.
3.      Segmentasi Psikografi
Pada segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan :
 a. Status sosial, misalnya: pemimpin masyarakat, pendidik, golongan elite, golongan menengah, golongan rendah.
         b. Gaya hidup misalnya: modern, tradisional, kuno, boros, hemat, mewah dan sebagainya.
  c.  Kepribadian, misalnya: penggemar, pecandu atau pemerhati suatu produk.
        4.   Segmentasi Perilaku
     Dapat berupa pristiwa, perilaku kejadian, manfaat, sikap terhadap produk, dan status pengguna.
Perilaku dalam variabel kejadian yaitu kejadian umum dan khusus.
 
  B.       Targetting
Perusahaan harus memutuskan banyaknya segmen pasar yang harus diliput dan melakukan identifikasi segmen yang terbaik.

Philip Kotler mengemukakan 3 strategi peliputan pasar:

 Pemasaran Serba Sama/ Undifferentiated Marketing
      Disini perusahaan dapat memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan mengikuti keseluruhan pasar dengan hanya satu tawaran produk/ jasa. 
 Pemasaran Serba Aneka/ Differentiated Marketing
 Perusahaan memutuskan untuk beroperasi dalam beberapa segmen pasar tetapi merancang tawaran sendiri. 
Pemasaran Terpusat/ Concentrated Marketing
Pemasaran terpusat terjadi manakala perusahaan memutuskan untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen tertentu dan memutuskan upaya pemasaran yang besar pada satu segmen saja.
   
             -          Pasar sasaarn jangka pendek yaitu pasar yang dapat dijangkau dalam waktu dekat.
             -          Pasar sasaran jangka masa depan yaitu pasar yang direncanakan dalam waktu 4-5 tahun.
             -          Pasar primer yaitu sasaran produk-produk perusahaan.
     -      Pasar sekunder yaitu sasaran konsumen (produk-produk yang sering dianggap tidak            penting oleh perusahaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar