Perkuliahan
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan selanjutnya pada pertemuan ke 4 yatu pada
hari Senin, 3 Maret 2014, dikarenakan listrik di gd.baru mati jadi kita kuliah di Student Corner yang biasa kami
sebut (SC) Depan ruang jurusan Manajemen Pendidikan bersama Dosen kami yang
bernama Dr. Amril Muhammad, S.E M.Pd dan 2 kaka
dari tahun 2010 yang sedang melaksanakan bimbingan skripsi. materi yang di sampaikan adalah tentang “segmentasi dan
targeting pasar jasa
pendidikan” karena kaka tersebut mengambil tema tentang materi kita hari
ini, maka kelas kami menerima penjelasan dari ke dua kaka
tersebut.berikut rangkuman materi kami:
Strategi
Pemasaran
A. Segmentasi
(Upaya pengelompokkan pasar)
B. Targetting
(ketentuan)
Segmentasi adalah suatu proses
membagi pasar yang heterogen kedalam segmen-segmen homogen yang spesifik
teridentifikasi yang menjadi target pemasaran. Segmentasi sangat penting
dilakukan agar perusahaan lebih mudah dalam melakukan targetting. Target yang
baik dan efektif dapat menambah profitabilitas bagi perusahaan maupun
masyarakat yang menikmati hasil produksi. Segmentasi pasar adalah upaya untuk
mengidentifikasi kelompok konsumen dengan cara mengelompokkan konsumen kedalam
kelompok-kelompok yang kebutuhan dan keinginannya serupa/ membagi pasar menjadi
kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah
laku, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.
Tujuan segmentasi pasar yaitu untuk meningkatkan pangsa pasar, dapat
meningkatkan komunikasi efektif, merancang produk/ strategi yang sesuai.
Syarat-syarat untuk mengadakan segmentasi pasar:
1. Dapat diukur/ measurability
Sejauh mana besarnya pasar dan daya beli segmen ini dapat diukur. Variabel
segmentasi tertentu adalah sukar diukur.
2. Dapat terjangkau/ accessibility
Sampai sejauh mana segmen ini dapat
secara efektif dicapai dan dilayani.
3. Besarnya/ substantiality
Sejauh mana segmen ini cukup menguntungkan. Sebuah segmen haruslah kelompok
homogen sebesar mungkin yang sejalan dengan program pemasaran.
4. Dapat dilaksanakan/ actionability
1. Segmentasi
Geografi
B. Targetting
Segmentasi
ini membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, berdasarkan negara,
propinsi, kabupaten, kota, wilayah, daerah atau kawasan.
2. Segmentasi
Demografi
Segmentasi ini memberikan gambaran
bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan. Contohnya : usia, jenis
kelamin, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan, tingkat penghasilan,
pendidikan, jenis pekerjaan, pengalaman, agama dan suku.
3. Segmentasi
Psikografi
Pada segmentasi ini pembeli dibagi
menjadi kelompok-kelompok berdasarkan :
a.
Status sosial, misalnya: pemimpin masyarakat, pendidik, golongan elite, golongan
menengah, golongan rendah.
b. Gaya hidup misalnya: modern,
tradisional, kuno, boros, hemat, mewah dan sebagainya.
c. Kepribadian, misalnya: penggemar, pecandu atau pemerhati suatu produk.
c. Kepribadian, misalnya: penggemar, pecandu atau pemerhati suatu produk.
4.
Segmentasi Perilaku
Dapat
berupa pristiwa, perilaku kejadian, manfaat, sikap terhadap produk, dan status
pengguna.
Perilaku dalam variabel kejadian yaitu kejadian umum dan khusus.
Perusahaan harus memutuskan banyaknya segmen pasar yang harus diliput dan
melakukan identifikasi segmen yang terbaik.
Philip Kotler mengemukakan 3 strategi peliputan pasar:
Pemasaran
Serba Sama/ Undifferentiated Marketing
Disini perusahaan dapat memutuskan untuk
mengabaikan perbedaan segmen pasar dan mengikuti keseluruhan pasar dengan hanya
satu tawaran produk/ jasa.
Pemasaran Serba Aneka/ Differentiated Marketing
Perusahaan memutuskan untuk beroperasi dalam
beberapa segmen pasar tetapi merancang tawaran sendiri.
Pemasaran Terpusat/ Concentrated
Marketing
Pemasaran terpusat terjadi manakala perusahaan memutuskan untuk membagi
pasar menjadi segmen-segmen tertentu dan memutuskan upaya pemasaran yang besar
pada satu segmen saja.
-
Pasar sasaarn jangka pendek yaitu pasar
yang dapat dijangkau dalam waktu dekat.
-
Pasar sasaran jangka masa depan yaitu
pasar yang direncanakan dalam waktu 4-5 tahun.
-
Pasar primer yaitu sasaran produk-produk
perusahaan.
- Pasar sekunder yaitu sasaran konsumen (produk-produk
yang sering dianggap tidak penting oleh perusahaan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar