Pertemuan
ke-2 tanggal 17
februari 2014 mata perkuliahan manajemen pemasaran jasa
pendidikan dosen kami bernama Muhammad Amril, pada hari ini saya tidak
masuk kuliah dikarenakan sakit , akan tetapi saya telah menghubungi
teman saya untuk review ulang penjelasan yang telah diajarkan oleh dosen
kami , berikut adalah rangkuman materi yang telah disampaikan pak Amril
:
Mengapa kita harus belajar tentang pemasaran atau marketing?
Karena banyak faktor
yang mempengaruhi dalam proses
sukses atau tidaknya suatu bisnis. Faktor tersebut terdapat pada fokus
pada apa yang diburuhkan costumer, dan mempunyai komitmen yang kuat
untuk melaksanakan fungsi-fungsi
dedikasi. Perusahaan harus mengetahui bagaimana caranya memahami dan
memuaskan
pelanggan dan juga bagaimana perusahaan memotivasi setiap orang yang ada
didalam organisasi untuk mendapatkan nilai supervisor
untuk menghasilkan organisasi yang unggul untuk pelanggannya.
Dan APA ITU PEMASARAN??
Pemasaran adalah proses sosial manajerial yang dilakukan individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui menciptakan, menawarkan, dan bebas bertukar produk dan jasa
yang bernilai dengan orang lain.
Di dalam pemasaran ada dua bagian yang
dipasarkan yaitu Needs (kebutuhan) dan Wants (keinginan). Needs merupakan
sesuatu yang dibutuhkan individu atau kelompok dalam kehidupannya jika tidak
dipenuhi akan ada rasa kehilangan, sedangkan Wants merupakan
sesuatu yang diinginkan individu dan kelompok dalam kehidupannya dimana
keinginannya itu berdasarkan lingkungan budaya dan personal
diri individu atau kelompok tersebut.
Di dalam marketing pasti ada sesuatu yang dijual atau dipasarkan.
Sesuatu yang dipasarkan itu adalah produk. Produk adalah sesuatu yang dapat
ditawarkan ke pasar agar dapat diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat
memuaskan kebutuhan atau keinginan, termasuk yang berbentuk fisik dan pelayanan
(manusia, tempat, lembaga, dan ide). Dilihat dari bentuknya, produk
sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Goods dan Services. Dimana Goods merupakan
sesuatu produk yang dapat berupa barang atau benda yang dapat dilihat dan dirasakan, sedangkan Services merupakan
produk yang tidak nyata bukan berupa benda namun berupa jasa / pelayanan yang bersifat abstrak
Produk harus mempunyai :
Nilai
kepuasan
kualitas
pertukaran
transaksi
dan hubungan.
Production Concept (Konsep
Produksi) : berkeyakinan
bahwa konsumen konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia dimana-mana
harganya murah. Fokus utama dari konsep ini adalah distribusi dan harga.
Product Concept (Konsep Produk)
: berpandangan
bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang memberikan kualitas , kinerja
atau fitur inovatif terbaik. Fokus utamanya ialah upaya penciptaan
produk yang superior dan penyempurnaan kualitas.
Selling Concept (Konsep
Penjualan) : berkeyakinan
bahwa konsumen tidak akan tertarik membeli produk dalam jumlah banyak jika
mereka tidak diyakinkan dan bahkan jika perlu di bujuk. Fokus utamanya adalah
usaha promosi dan penjualan yang agresif.
Marketing Concept (Konsep
Pemasaran) : berpandangan
bahwa kunci untuk mewujudkan tujuan organisasi terletak pada kemampuan
organisasi dalam menciptakan, memberikan, dan mengkomunikasikan Costumer
value kepada pasar sasarannya secara lebih efektif dibandingkan pesaing.
Fokus utamanya adalah pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran
terintegrasi dan profitabilitas.
Social Marketing
Concept (Konsep Pemasaran Sosial) : berkeyakinan bahwa tugas organisasi adalah menentukan
kebutuhan , keinginan, dan minat pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang
diharapkan secara elebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing.
Ajeng Rahmawati Arifin
1445120034
MP FIP UNJ 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar