Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi "A" dengan Nomor SK:
074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas
Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia bersama UII dan UMY. Oleh karena didominasi
warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih. Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II
di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246.
Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan
kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan
sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan
kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh
aktivitas.
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas
prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal
berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas
Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah
Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal
19 Juni 1963.
Kompetensi Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang, dapat berkehidupan yang
Islami dan beruswah khasanah, sehingga mampu :
1.
Merancang dan mengimplementasikan pengetahuan
dan ketrampilan di bidang keilmuan yang ditekuni.
2.
Memiliki kreatifitas dan integritas ilmiah.
3.
Memiliki kemampuan mengkaji dan memecahkan
masalah di bidang keilmuan saat ini dan yang akan datang dengan dukungan
IPTEKS.
Pada awal berdiri, UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik (FISIP), Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP) serta jurusan Ilmu Agama (Cabang dari FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta). Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka UMM telah
membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas
Pertanian, Fakultas
Peternakan dan Perikanan, Fakultas
Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu
Kesehatan terdiri dari D3 dan S1 Keperawatan, Farmasi,
dan Fisioterapi serta Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang
beberapa jurusan. Jurusan atau program studi di UMM baik tingkat diploma 3,
Sarjana, Magister maupun Doktoral 40 persen telah terakreditasi A BAN-PT.
Kampus III merupakan kampus terbesar yang dimiliki UMM. Kampus ini
terhampar indah dengan bangunan tertata apik sesuai topografi lahan berlembah
yang indah menghijau dan dialiri Sungai Brantas. Di tengah-tengah kampus
terdapat danau luas terbelah jembatan menuju gedung megah, asri, damai dan
sejuk. Di seputar kampus III inilah dikelilingi beberapa unit bisnis UMM, yakni
gedung pertunjukkan UMM Dome, hotel UMM Inn, UMM Bookstore, Rumah Sakit Pendidikan
UMM, UMM farm, SPBU UMM, dan Bengkel Motor UMM. Sedangkan Medical Center dan
Apotik UMM terletak di kawasan kampus II. UMM juga sedang merencanakan
pembangunan apartemen di kawasan Taman Rekreasi Sengkaling yang sudah dibeli
oleh UMM.
UMM telah bekerjasama dengan pihak luar kampus, baik dari instansi dalam
dan luar negeri. Untuk kerjasama luar negeri yang sedang berjalan antara lain:
Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps Amerika, BGP Engineering Belanda, AMINEF,
AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Iran Corner, dan lain-lain. Untuk memberi layanan akademik yang memadai berbagai fasilitas telah
disediakan untuk mahasiswa, mulai sarana akademik, non akademik, sarana publik
dan sarana rekreatif. Proses pembelajaran dan admisitrasi didukung dengan
fasilitas ICT dan sistem informasi manajemen yang memadai, sehingga membuat
proses studi menjadi mudah, efisien, dan selalu mengikuti perkembangan zaman.
Analisis
Bauran Promosi
A.
Periklanan
Dalam mengiklankan atau promosi Universitas
Muhammadiyah Malang Jawa Timur telah menggunakan media sebagai berikut :
2.
Televisi
3.
Youtube
4.
Media Sosial seperti facebook dan Twitter
5.
Brosure
6.
Spanduk
Contoh salah
satu Brosure yang mempromosikan Universitas Muhammadiyah Malang
A.
Promosi
Penjualan
Bentuk promosi yang sering
digunakan yaitu adanya beberapa program beasiswa
,karena Universitas Muhammadiyah malang berkerja sama dengan instansi dalam dan
luar negeri jadi beberapa program
beasiswa yang diadakan di Universitas Muhammadiyah banyak dari luar negeri :Tawaran
Beasiswa dari Pemerintah Thailand dan Beijing
Tawaran Program Beasiswa Program MBA dari University of Cyprus,
Roma
UMM sudah menjalin kerjasama dengan berbagai
pihak, baik institusi dalam maupun luar negeri.
Untuk lebih meningkatkan pengelolaan kerjasama yang baik, maka UMM
membentuk Biro Kerjasama Luar Negeri (International Relationsip Organization). BKLN diberi tugas untuk mencari, mengelola,
menindaklnjuti dengan unit terkait, memonitor dan sekaligus mengevaluasi
kerjasama yang sedang berjalan.Kerjasama yang dilakukan UMM selama ini ada yang
bersifat institusi dan antara unit kerja (fakultas, program studi, pusat studi,
unit lain) dengan pihak luar. Semua
kerjasama yang dilakukan oleh masing-masing unit kerja diketahui oleh pimpinan
universitas. Jenis kerjasama ada yang bersifat umum dan kerjasama penelitian/pengabdian
masyarakat. Cakupan kerjasama ada yang
bersifat lokal (Malang Raya), regional (Jawa Timur), nasional dan
internasional.
Foto kerja sama Universitas Muhammadiyah Malang
dengan luar negeri
Sumber: Sumber: www.umm.ac.id
A.
Penjualan
Personal
Promosi langsung pun dilaksanakan oleh mahasiswa dari Universitas
Muhammadiyah Malang Jawa Timur yang biasanya dilakukan di kelas-kelas Sekolah Mengengah Atas dan Sederajat, disana Para
Mahasiswa mempromosikan langsung almamater mereka dan para siswa SMA bisa bertanya langsung mengenai Profil Universitas
Muhammadiyah Malang , Prospek Kedepan,
Kegiatan Belajar Mengajar, Biaya Kuliah ataupun pengalaman dari Kakak-kakak
Mahasiswa yang berkunjung, kegiatan personal selling ini pada umumnya dilakukan
menjelang Ujian Nasional atau pada saat kelulusan siswa tingkat akhir pada
sekolah menengah dan sederajat, dan terbukti efektif untuk
menarik minat para siswa yang ingin melanjutkan kuliah
dan belum ada rencana akan melanjutkan ke universitas atau pun perguruan tinggi
yang mana.Penjualan langsung pun dilakukan pada
universitas muhammadiyah malang secara langsung.
B.
Hubungan
Masyarakat
Ada beberapa acara yang diadakan diUniversitas Muhammadiyah Malang
, salah satunya yaitu acara “Makan Besar Bersama Trans
7 ” Syuting berlangsung di halaman parkir GKB II, Senin (14/1). Nampak
puluhan crew dan mahasiswa UMM sibuk mempersiapkan perangkat masak yang serba
besar dipimpin chef Ragil. “Kita akan
membikin 20 kg bakso raksasa dengan daging sekitar 30 kg,” kata chef Ragil
sebelum memulai memasak. Dipilihnya bakso, kata
Ragil, karena Malang dikenal dengan kuliner adonan daging dan tepung bulat itu.
Meski demikian, Ragil mengaku baru pertama kalinya memasak bakso raksasa ini.
Dibantu dua asisten, 25 mahasiswa UMM, serta beberapa bahan dari Bakso Cak Man,
Ragil yakin akan berhasil.
Mahasiswa UMM yang baru saja
selesai ujian akhir semester seperti mendapat hiburan gratis. Tak ayal, puluhan
mahasiswa ikut menonton acara itu. Menariknya, mereka juga ikut mencicipi bakso
dan pangsit yang disajikan.Trans 7 menggandeng mahasiswa Fakultas Hukum untuk
mempersiapkan acara ini. Koordinator panitia, Aditya Gama
Putra, menuturkan acara ini memerlukan persiapan
selama dua minggu. “Semoga melalui acara ini UMM lebih dikenal lagi,” kata Adit.
Acara “Makan Besar” merupakan yang
kesekian kalinya digelar di UMM. Sebelumnya stasiun televisi Antv, TV One,
Metrotv, juga menggelar acara di sini. Mereka menggelar acara dengan
memanfaatkan view kampus yang indah dan mahasiswa yang antusias, seperti di
Helipad, jembatan GKB I, serta di UMM Dome.
“Radio Show Tvone
pernah live untuk dua edisi, jadi syutingnya juga selama dua hari, di helipad.
Metro TV pernah live Wideshot selama empat jam dari UMM Dome,” kata kepala
Humas, Nasrullah, menyontohkan acara tv yang diambil dari kampus UMM. Pihaknya
yakin UMM memiliki daya tarik kuat bagi penonton televisi sehingga selalu
dipilih sebagai setting berbagai acara.
“Makan Besar Bersama Trans 7 ”
Sumber: www.umm.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar