Kamis, 22 Mei 2014

“MENENTUKAN BAURAN PROMOSI”


Pertemuan kali ini membahas tentang Penentuan Harga Jual, dan review tentang materinya yaitu:Promosi adalah cara bagaimana menyampaikan suatu pesan pemasaran pada pelanggan. Yang disampaikan pesan/informasidari produk tersebut adalah terkait dengan Harga, cara memperoleh, kualitas produk, dan lain sebagainya . Ada beberapa cara untuk menentukan bauran promosi yaitu sebagai berikut :

A.   Periklanan
Merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang, atau jasa.
Keputusan Penting dalam Periklanan
Menetapkan tujuan iklan. Diadakannya promosi tersebut apakah agar orang-orang membeli produk itu ataupun hanya sekedar membuat pencitraan baik pada produk.
·         Memberi informasi
·         Membujuk
·         Mengingatkan
Menetapkan anggaran periklanan. Sebelum melakukan promosi kita harus menentukan media apa saja yang akan dipilih sebagai tempat promosi, konsep promosi itu sendiri dan biaya yang harus dikeluarkan saat melaksanakan promosi itu.
·         Tahap di dalam PLC
·         Pangsa pasar
·         Persaingan dan kesemrawutan
·         Frekuensi periklanan
·         Diferensiasi produk
Strategi iklan.Keputusan yang harus dipertimbangkan dalam memilih media yang nantinya akan dipakai sebagai tempat untuk mempromosikan produk tersebut.
·         Penciptaan pesan iklan
·         Penyeleksian media
Evaluasi periklanan dan Mengorganisasikan periklanan
B.   Promosi Penjualan
Merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk atau jasa.

Keputusan Penting dalam Promosi Penjualan
1.      Menentukan tujuan promosi
2.      Menyeleksi alat-alat promosi penjualan
3.      Menyusun program promosi penjualan
4.      Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
5.      Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
6.      Evaluasi hasil penjualan

C.   Hubungan Masyarakat
Merupakan membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan.

Keputusan Utama Hubungan Masyarakat
1.      Menetapkan tujuan humas
2.      Memilih pesan dan wahana masyarakat
3.      Mengimplementasikan rencana humas
4.      Mengevaluasi hasil humas

D.   Penjualan Personal
Merupakan suatu bentuk penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk. Dalam personal selling akan terjadi interaksi langsung antara pembeli dengan penjual.

Keputusan Penting dalam Penjualan Personal
1.      Persiapan yang matang
2.      Merealisasikan penjualan
3.      Mengatasi keberatan dan kesukaran pembeli
4.      Menimbulkan good will setelah penjualan terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar