Pertemuan kali ini membahas tentang Penentuan Harga Jual, dan review
tentang materinya yaitu:Promosi adalah cara bagaimana menyampaikan suatu pesan
pemasaran pada pelanggan.
Yang disampaikan pesan/informasidari produk tersebut adalah terkait dengan Harga,
cara memperoleh, kualitas produk, dan lain sebagainya . Ada beberapa cara untuk
menentukan bauran promosi yaitu sebagai berikut :
A.
Periklanan
Merupakan
segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan
promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang, atau jasa.
Keputusan Penting dalam
Periklanan
Menetapkan
tujuan iklan. Diadakannya promosi tersebut apakah agar orang-orang membeli produk itu
ataupun hanya sekedar membuat pencitraan baik pada produk.
·
Memberi
informasi
·
Membujuk
·
Mengingatkan
Menetapkan
anggaran periklanan. Sebelum melakukan promosi kita harus
menentukan media apa saja yang akan dipilih sebagai tempat promosi, konsep
promosi itu sendiri dan biaya yang harus dikeluarkan saat melaksanakan promosi
itu.
·
Tahap di dalam
PLC
·
Pangsa pasar
·
Persaingan dan
kesemrawutan
·
Frekuensi
periklanan
·
Diferensiasi
produk
Strategi
iklan.Keputusan yang harus dipertimbangkan dalam memilih media yang nantinya akan
dipakai sebagai tempat untuk mempromosikan produk tersebut.
·
Penciptaan pesan
iklan
·
Penyeleksian
media
Evaluasi
periklanan dan Mengorganisasikan periklanan
B.
Promosi
Penjualan
Merupakan insentif
jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk atau
jasa.
Keputusan
Penting dalam Promosi Penjualan
1. Menentukan
tujuan promosi
2. Menyeleksi
alat-alat promosi penjualan
3. Menyusun
program promosi penjualan
4. Melaksanakan
pra pengujian terhadap program promosi penjualan
5. Melaksanakan
dan mengendalikan program promosi penjualan
6. Evaluasi
hasil penjualan
C.
Hubungan
Masyarakat
Merupakan membangun
hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan.
Keputusan
Utama Hubungan Masyarakat
1. Menetapkan
tujuan humas
2. Memilih
pesan dan wahana masyarakat
3. Mengimplementasikan
rencana humas
4. Mengevaluasi
hasil humas
D.
Penjualan
Personal
Merupakan suatu bentuk
penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih
calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk. Dalam
personal selling akan terjadi interaksi langsung antara pembeli dengan penjual.
Keputusan
Penting dalam Penjualan Personal
1. Persiapan
yang matang
2. Merealisasikan
penjualan
3. Mengatasi
keberatan dan kesukaran pembeli
4. Menimbulkan
good will setelah penjualan terjadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar